Kamis, 12 Desember 2013

Pengertian belajar


Pendidikan merupakan satu hal yang penting di era modern seperti sekarang ini. Pendidikanlah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Menurut undang undang no 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Didalam pendidikan terjadi suatu proses yang disebut dengan belajar. Belajar merupakan suatu proses dari tidak tahu menjadi tahu. Ada juga beberapa orang yang mengartikan bahwa belajar merupakan proses terjadinya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Menurut Slameto (hamdana, 2010: 20) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Berikut ini beberapa pengertian belajar menurut para ahli yang dikemukakan oleh Nana Syaodih sukmadinata (hamdana, 2010: 21) antara lain :
1. Witherington  (1952), “belajar adalah perubuhan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan”
2. Crow & crow (1958), “belajar adalah upaya pemerolehan kebiasaan kebiasaan, pengetahuan, dan sikap baru”
3.   Hilgard (1962), “belajar adalah proses muncul atau berubahnya suatu perilaku karena adanya respon terhadap suatu situasi”
4.  Di vesta dan Thompson (1970), “belajar adalah perubahan perilaku yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman”
5.    Gage &Berliner , “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang muncul karena pengalaman
6.   Fontana, seperti yang dikutip oleh udin S winataputra, mengemukakan bahwa learning mengandung pengertian proses perubahan relative tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman.
7. Thursan hakim (2000: 1) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku, seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya piker, dan lain lain.

Berdasarkan beberapa pengertian belajar diatas dapatlah disimpulkan bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku melalui pengalaman dan interaksi seseorang terhadap lingkungan.
Adapun ciri ciri belajar menurut Darsono (2010: 22) adalah sebagai berikut :
1.      Belajar dilakukan dengan sadar dan mempunyai tujuan.
2.      Belajar merupakan pengalaman sendiri, tidak dapat diwakilkan kepada orang lain
3.      Belajar merupakan proses interaksi anatar individu dengan lingkungan
4.      Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri orang yang belajar.

Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi dengan lingkungan. Proses belajar yang terjadi di lingkungan sekolah menjadi hal yang patut diperhatikan oleh semua elemen elemen pendidikan. Baik itu guru, murid, kepala sekolah, maupun tenaga pendidikn yang lain. Proses belajar bukan hanya guru memberikan pengetahuan kepada siswa akan tetapi pendidik harus membimbing siswa untuk  mencari pengetahuan diluar dari proses belajar mengajar dilingkungan sekolah. Oleh karena itu selain guru yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan siswa dalam belajar elemen elemen lain seperti orang tua dan lingkungan masyarakat juga  turut andil bertanggung jawab dalam keberhasilan siswa dalam belajar.


Referensi :
           
            Hamdani.2010. Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka setia


            Undang undang no 20 tahun 2003 sistem pendidikan nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk...TINGGALKAN KOMEN ANDA