Belajar
merupakan suatu proses perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi antara
individu dengan lingkungan nya. Dunia pendidikan tidak akan pernah lepas dengan
proses belajar. Oleh karenaa itu proses belajar sangat perlu diperhatikan oleh
pelaku dunia pendidikan baik itu guru, maupun tenaga pendidik lainnya.
Adapun
beberapa teori teori belajar menurut Slameto (2010) antara lain :
1. Teori Gestalt
1. Teori Gestalt
Prinsip
belajar menurut teori gestalt antara lain
a. Belajar
berdasarkan keseluruhan
b. Belajar
adalah suatu proses perkembangan
c. Siswa
sebagai organisme keseluruhan
d. Terjadi
transfer
e. Belajar
adalah reorganisasi pengalaman
f. Belajar
harus dengan insight
g. Belajar
lebih berhasil bila berhubungan dengan minat, keinginan, dan tujuan siswa
h. Belajar
berlangsung secara terus menerus
2. Teori
belajar menurut J Bruner
Menurut
bruner belajar tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang tetapi untuk
mengubah kurikulum sekolah menjadi sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar
lebih banyak dan mudah. Bruner berpendapat
bahwa alangkah lebih baik jika sekolah menyediakan kesempatan bagi tiap
siswa untuk maju dengan cepat sesuai dengan kemampuan siswa dalam mata
pelajaran tertentu
3. Teori belajar dari Piaget
3. Teori belajar dari Piaget
Piaget
berpendapat perkembangan proses belajar pada anak anak adalah sebagai berikut :
a. Anak mempunyai struktur mental yang berbeda dengan orang dewasa. Seorang anak bukan lah orang dewasa yang bertubuh kecil. Dalam melayani proses belajar anak memerlukan cara yang khusus dan berbeda dengan orang dewasa.
b. Perkembangan mental pada anak melalui tahap tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak
c. Walaupun berlangsungnya tahap tahap perkembangan itu melalui suatu urutan tertentu, tetapi jangkah waktu untuk berlatih dari satu tahap ketahap yang lain tidaklah selalu sama pada setia anak
d. Perkembangan mental anak dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu
1. Kemasakan
2. Pengalaman
3. Interaksi social
4. Equilibration (proses dari ketiga factor di atas bersama sama untuk membangun dan memperbaiki struktur mental
e. Ada 3 tahap perkembangan yaitu
1. Berpikir secara intuitif + 4 tahun
2. Beroperasi secara konkret + 7 tahun
3. Beroperasi secara formal + 11 tahun
4. Teori dari R Gagne
a. Anak mempunyai struktur mental yang berbeda dengan orang dewasa. Seorang anak bukan lah orang dewasa yang bertubuh kecil. Dalam melayani proses belajar anak memerlukan cara yang khusus dan berbeda dengan orang dewasa.
b. Perkembangan mental pada anak melalui tahap tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak
c. Walaupun berlangsungnya tahap tahap perkembangan itu melalui suatu urutan tertentu, tetapi jangkah waktu untuk berlatih dari satu tahap ketahap yang lain tidaklah selalu sama pada setia anak
d. Perkembangan mental anak dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu
1. Kemasakan
2. Pengalaman
3. Interaksi social
4. Equilibration (proses dari ketiga factor di atas bersama sama untuk membangun dan memperbaiki struktur mental
e. Ada 3 tahap perkembangan yaitu
1. Berpikir secara intuitif + 4 tahun
2. Beroperasi secara konkret + 7 tahun
3. Beroperasi secara formal + 11 tahun
4. Teori dari R Gagne
Terhadap
masalah belajar Gagne memberikan dua definisi yaitu :
a. Belajar
ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan,
kebiasaan, dan tingkah laku
b. Belajar
adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari intruksi
Sumber referensi :
Drs. Slameto.2010.Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :
Penerbit Rineka Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar