Jumat, 13 Desember 2013

Teori Teori Belajar


Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi antara individu dengan lingkungan nya. Dunia pendidikan tidak akan pernah lepas dengan proses belajar. Oleh karenaa itu proses belajar sangat perlu diperhatikan oleh pelaku dunia pendidikan baik itu guru, maupun tenaga pendidik lainnya.
Adapun beberapa teori teori belajar menurut Slameto (2010) antara lain :
1.      Teori Gestalt
        Prinsip belajar menurut teori gestalt antara lain 
        a.  Belajar berdasarkan keseluruhan
        b.  Belajar adalah suatu proses perkembangan
        c.   Siswa sebagai organisme keseluruhan
        d.  Terjadi transfer 
        e.  Belajar adalah reorganisasi pengalaman
         f.  Belajar harus dengan insight
        g.  Belajar lebih berhasil bila berhubungan dengan minat, keinginan, dan tujuan siswa
        h.  Belajar berlangsung secara terus menerus

2.      Teori belajar menurut J Bruner
Menurut bruner belajar tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang tetapi untuk mengubah kurikulum sekolah menjadi sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar lebih banyak dan mudah. Bruner berpendapat  bahwa alangkah lebih baik jika sekolah menyediakan kesempatan bagi tiap siswa untuk maju dengan cepat sesuai dengan kemampuan siswa dalam mata pelajaran tertentu

3.      Teori belajar dari Piaget
      Piaget berpendapat perkembangan proses belajar pada anak anak adalah sebagai berikut :
a.  Anak mempunyai struktur mental yang berbeda dengan orang dewasa. Seorang anak bukan lah orang dewasa yang bertubuh kecil. Dalam melayani proses belajar anak memerlukan cara yang khusus dan berbeda dengan orang dewasa. 
b.   Perkembangan mental pada anak melalui tahap tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak
c. Walaupun berlangsungnya tahap tahap perkembangan itu melalui suatu urutan tertentu, tetapi jangkah waktu untuk berlatih dari satu tahap ketahap yang lain tidaklah selalu sama pada setia anak
d.   Perkembangan mental anak dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu
     1.   Kemasakan
     2.   Pengalaman
     3.   Interaksi social
     4.  Equilibration (proses dari ketiga factor di atas bersama sama untuk membangun dan                  memperbaiki struktur mental
e.   Ada 3 tahap perkembangan yaitu 
     1.  Berpikir secara intuitif  + 4 tahun
     2.  Beroperasi secara konkret  +  7 tahun
     3.  Beroperasi secara formal +  11 tahun

4.      Teori dari R Gagne
        Terhadap masalah belajar Gagne memberikan dua definisi yaitu :
a. Belajar ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku
b.  Belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari intruksi


Sumber referensi :


Drs. Slameto.2010.Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Penerbit  Rineka Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk...TINGGALKAN KOMEN ANDA